Serah Terima dan Penugasan Khusus Individu Tenaga Kesehatan di Prov. Sulbar

0
80

Provinsi Sulawesi Barat Kembali menerima Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Individu sebanyak 10 orang dari Kementerian Kesehatan pada hari selasa tanggal 1 Maret 2022 di Hotel Meganita Mamuju. Program ini merupakan bagian dari Program Nusantara Sehat (NS) yang diharapkan mampu melaksanakan program secara terintegrasi dan memberikan pelayanan kesehatan secara optimal di tingkat pelayanan dasar terutama di puskesmas sangat terpencil di DTPK dan DBK, dengan masa tugas selama 2 (dua) tahun. Tenaga Kesehatan NS tersebut diserahkan oleh Direktorat Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh BBPK Makassar dan diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat yang diwakili oleh Kepala Seksi SDMK.

Sebanyak 10 orang nakes tersebut terdiri dari perawat, sanitarian, ATLM, dan gizi yang akan didayagunakan pada Kabupaten Mamuju Tengah, Polewali Mandar, dan Mamasa. Dalam penerimaan tersebut sekaligus dilanjutkan serah terima dari Provinsi Sulawesi Barat ke Kabupaten tempat tenaga NS bertugas dan langsung diantarkan ke Puskesmas tempat tugas masing-masing.

Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dilakukan guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di DTPK agar dapat melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas sesuai kompetensi dan kewenangannya di Puskesmas. Saat ini di Prov. Sulbar jumlah Puskesmas dengan tenaga Kesehatan yang standar yaitu 53.06%, masih terdapat banyak Puskesmas dengan tenaga Kesehatan yang belum lengkap. Dengan adanya tambahan Tenaga Kesehatan dari program nusantara sehat ini dapat menambah jumlah tenaga Kesehatan di Sulbar yang masih kurang sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Provinsi Sulawesi Barat.

Muh Irfan Ilham Atjo, SKM., M.Kes

Adminkes Ahli Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here