Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat lakukan Assesment Penyediaan Telemedicine di Puskesmas

0
85

Tim Telemedicine Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melakukan assesment penyediaan layanan telemedicine di Puskesmas Pasangkayu 2 Kabupaten Pasangkayu. Telenedicine merupakan jenis layanan yang saati ini digencarkan Kementerian kesehatan. Layanan telemedicine yang di berikan mencakup 4 bidang utama yaitu :

  • Pelayanan radiologi diagnostik yang menggunakan transmisi elektronik untuk mendapatkan expertise dalam hal penegakan diagnosis.
  • Pelayanan elektrokardiografi dengan menggunakan transmisi elektronik untuk mendapatkan expertise dalam hal penegakan diagnosis.
  • Pelayanan ultrasonografi obstetrik dengan menggunakan transmisi elektronik untuk mendapatkan expertise dalam hal penegakan diagnosis.
  • Pelayanan konsultasi klinis jarak jauh untuk mendapatkan expertise dalam hal penegakan diagnosis, dan/atau memberikan pertimbangan/saran tata laksana.

Beberapa sarann yang diberikan oleh Tim Assesment kepada Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasangkayu berupa :

  1. Dinas Kesehatan Kabupaten Pasangkayu agar Melakukan penguatan pengadaan dukungan alat dan system informasi dukungan pengada telemedicine sampai tahap uji fungsi di Puskesmas masing – masing.
  2. Dinas Kesehatan Kabupaten pasangkayu agar Menyiapkan peningkatan kapasitas tim pelaksana telemedicine di Puskesmas melalui kegiatan pelatihan teknis Pelaksanaan Telemedicine
  3. Dinas Kesehatan kabupaten Pasangkayu tengah diharapkan membuat tim Telemedicine di tingkat Kabupaten untuk melakukan pendampingan kesiapan Puskesmas dan daerah dalam menyongsong pelaksanaan telemedicine
  4. Dinas Kesehatan kabupaten memfasilitasi Puskesmas untuk segera membuat SK tim pelaksana telemedicine sebagai salah satu dukungan administrasi pengajuan akun Aplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here