Perkembangan PISPK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) di Kabupaten Mamuju Tengah

0
169

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) telah memasuki tahun ke 4, ditargetkan pada tahun 2020 ini seluruh Puskesmas di telah melaksanakannya. Banyak Puskesmas yang telah melakukan intervensi guna meningkatkan nilai IKS dan 12 indikator keluarga sehat. Oleh karena itu sudah saatnya bila kita melihat apakah intervensi tersebut telah mampu mendorong nilai IKS Kab/Kota ke arah yang lebih baik?

Indeks Keluarga Sehat (IKS) saat ini

Secara kabupaten gambaran pencapaian IKS (Indeks Keluarga Sehat) per Juli 2020 yang dirinci menurut Kecamatan, dapat dilihat pada gambar berikut.

Indeks keluarga Sehat Kabupaten Mamuju Tengah adalah 0,113 yang berarti hanya 11,3% keluarga yang tergolong sehat berdasarkan 12 indikator keluarga sehat.  Kecamatan dengan IKS tetinggi dicapai Topoyo dengan nilai IKS 0,133. Kabupaten Mamuju tengah memiliki peringkat 6 kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, ini menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Pencapaian 12 indikator keluarga sehat Kabupaten Mamuju Tengah dapat dilihat pada gambar berikut.

Beberapa capaian yang masih rendah diantaranya program yang terkait dengan Penyakit tidak menular, pelayanan gangguan jiwa berat dan Penderita TB yang berobat sesuai standar. Hasil temuan tim data PIS PK Provinsi Sulawesi Barat mengindikasikan hal ini terjadi karena adanya beberapa indicator program yang perlu diperhatikan lebih lanjut lagi.

Indikator PIS PK yang memuat 12 indikator tentunya sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran dan kondisi status kesehatan masyarakat dilapangan.

Bagi yang ingin akses data ini di : http://dashboard keluargasehat.kemkes.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here