Perkembangan PIS PK Sulawesi Barat

0
95

Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) terus melaju di seluruh wilayah di Indonesia. Ada yang cepat perkembangannya, namun ada juga yang masih tertatih-tatih karena berbagai kendala.

Secara nasional, Provinsi Sulawesi Barat memiliki indeks keluarga sehat (IKS) sebesar 0,145 yang berarti terdapat 14,5% keluarga sehat di Sulawesi Barat berdasarkan 12 indikator keluarga sehat.

Secara nasional IKS Indonesia adalah 0,172 yang berarti hanya 17,2% keluarga yang tergolong sehat. Lima besar IKS tetinggi dicapai oleh Provinsi DKI Jakarta, Bali, Di Yogyakarta, Aceh dan Kalimantan Timur. Sementara 5 provinsi terbawah adalah Kalimantan Barat, Maluku, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur dan Maluku Utara.

Secara Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Majene merupakan kabupaten dengan IKS tertinggi dengan bilai IKS 0,192 dan terendah kabupaten Mamuju dengan nilai IKS hanya 0.104

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) telah memasuki tahun ke 4, Tahun 2019 lalu diharapkan seluruh Puskesmas telah melaksanakannya. Banyak Puskesmas yang telah melakukan intervensi guna meningkatkan nilai IKS dan 12 indikator keluarga sehat.

12 indikator Keluarga Sehat adalah sebagai berikut :

  1. Keluarga mengikuti program KB *)
  2. Persalinan Ibu di fasilitas pelayanan kesehatan
  3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap *)
  4. Bayi mendapatkan ASI Eksklusif
  5. Pertumbuhan Balita dipantau
  6. Penderita TB Paru yang berobat sesuai standar
  7. Penderita hipertensi yang berobat teratur
  8. Penderita gangguan jiwa berat, diobati dan tidak ditelantarkan
  9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok *)
  10. Keluarga sudah menjadi anggota JKN
  11. Keluarga memiliki akses/menggunakan sarana air bersih
  12. Keluarga memiliki akses/menggunakan jamban keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here