Tim Pokja Bencana UGM Lakukan Rapid Assesment di Puskesmas

0
13

Pokja Bencana AHS UGM  melakukan rapid health assessment Penanganan Gempa Sulawesi Barat. Karena keterbatasan sumberdaya, pengambilan data primer penilaian kaji cepat kesehatan di daerah terdampak bencana baru dilakukan pada tanggal 18 Januari dengan difasilitasi oleh dinas kesehatan propinsi, penilaian kaji cepat diperkuat dari data sekunder yang didapat dari laporan petugas kesehatan dan relawan kesehatan (tim EMT) yang bertugas di daerah terdampak

Penilaian kaji cepat dilakukan di puskesmas Rangas, puskesmas Botteng, puskesmas Tapalang Barat, dan puskesmas Tapalang. Dari kaji cepat yang dilakukan pada tanggal tersebut, sekitar 10% dari tenaga puskesmas yang aktif datang ke faskes sementara sekitar 40% tidak datang namun melakukan pelayanan kesehatan di tempat tenaga puskesmas itu mengungsi (di depan rumah atau di tenda pengungsian di dekat rumahnya) dan sisanya mengungsi.

Protokol 90% tidak dilakukan karena ketersediaan masker yang terbatas, tidak adanya tempat cuci tangan atau hand sanitizer, dan sempitnya tenda pengungsian apalagi hujan di empat hari pertama setelah gempa.

Masih banyak pengungsi yang membutuhkan layanan kesehatan namun tidak mau datang ke faskes karena masih tingginya ketakukan akan gempa susulan dan tsunami (rumah sakit berada di daerah kota yang dekat dengan garis pantai), takut dengan isu dicovidkan, dan takut divaksinasi. Banyak kejadian kerumunan pengungsi yang bubar ketika didatangi oleh petugas kesehatan karena mereka mngira akan divaksinasi covid.

Hasil kaji cepat ini dicatat langsung oleh petugas dinas propinsi, untuk di informasikan ke pimpinan via rapat koordinasi klaster kesehatan dan mengadvokasi kepala kepala puskesmas maupun tenaga kesehatan untuk melakukan prmosi kesehatan di pengungsian dan kepada tenaga kesehatan lain. Dari tim Pokja Bencana AHS sendiri, hasil ini disampaikan kepada tim kedua/pelayanan kesehatan yang dikomandoi oleh dr.Yudha SpOT untuk menyusun strategi intervensi tim di lapangan juga lokasi pelayanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here