Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Mamuju Tengah

0
34

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, drg. Asran Masdy, SKG, MAP mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Barat Ibu Hj. Andi Ruskati Ali Baal pada acara Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk Cegah Stunting di Puskesmas Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, Selasa,23 Maret 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan kerjasama antara TP PKK Provinsi Sulawesi Barat dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat. 

Terdapat langkah – langkah berupa edukasi melalui pendekatan pemuka atau pimpinan masyarakat, pembinaan suasana dan juga pemberdayaan masyarakat dengan tujuan kemampuan mengenal dan tahu masalah kesehatan yang ada di sekitar; terutama pada tingkatan rumah tangga sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat.

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here