Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Sistem Pengelolaan Air Minum di Sulawesi Barat

0
60
Kantor Biro Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Barat, 22 November 2023

Pada hari Rabu, tanggal 22 November 2023 bertempat Kantor Biro Pembangunan Provinsi Sulawesi Barat, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Sistem Pengelolaan Air Minum. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Biro Pembangunan Provinsi Sulawesi Barat, Masriadi Nadi Atjo, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Barat dan pengelola Program kesehatan Lingkungan Dinas kesehatan Provinsi Sulawesi Barat

kegiatan ini dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan STUNTING’ (4 + 1 )

Tidak semua kadinkes kabupaten yang hadir ,hanya 3 yaitu  (plt.Kadinkes Polman,kadinkes Majene,Kadinkes Mamuju diwakili oleh Sub koordinator kesling), sedangkan dari
Provinsi oleh Kepala biro ekbang,Sekdis PTSP ,Dinkes prov.sulbar oleh Timker program kesling

Beberapa kesepakatan penting telah tercapai dalam rapat tersebut, yang diharapkan akan membawa dampak positif bagi pengelolaan air minum di wilayah Sulawesi Barat:

  1. Surat Edaran Gubernur terkait Pembinaan dan Pengawasan Air Minum untuk Penurunan Stunting
    Kesepakatan pertama adalah penyusunan surat edaran Gubernur yang berkaitan dengan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan air minum guna menurunkan dan mencegah kasus stunting.
  2. Pembentukan Satgas Provinsi Sulawesi Barat untuk Sistem Pengelolaan Air Minum yang Aman
    Langkah kedua mencakup pembentukan satuan tugas (satgas) di tingkat provinsi guna memastikan sistem pengelolaan air minum yang aman.
  3. Kunjungan Monitoring Terpadu Provinsi dan Kabupaten terhadap Pengelolaan Air Minum yang Aman
    Rencana kunjungan monitoring yang terintegrasi antara tingkat provinsi dan kabupaten untuk menjamin keselamatan pengelolaan air minum.
  4. Fasilitasi Pembentukan Asosiasi Pengelola Depot Air Minum melalui Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Barat
    Langkah keempat adalah memfasilitasi pembentukan asosiasi pengelola depot air minum melalui badan terkait di tingkat provinsi.
  5. Sosialisasi Regulasi terkait Pengelolaan Air Minum yang Aman
    Upaya dalam menyosialisasikan regulasi-regulasi yang berkaitan dengan pengelolaan air minum yang aman kepada masyarakat.
  6. Usulan Dukungan Anggaran untuk Pembinaan dan Pengawasan
    Pengusulan dukungan anggaran guna mendukung upaya pembinaan dan pengawasan dalam pengelolaan air minum.
  7. Evaluasi Hasil Monitoring
    Rencana untuk melakukan evaluasi terhadap hasil-hasil dari kegiatan monitoring yang telah dilakukan.

Rapat ini menandai langkah penting dalam meningkatkan kesadaran dan tindakan terkait dengan pengelolaan air minum yang aman di Sulawesi Barat. Diharapkan langkah-langkah yang disepakati dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here