Pemeriksaan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Melalui USG Mobile di Kabupaten Polewali Mandar

0
213

Dalam upaya menangani masalah stunting dan meningkatkan kesehatan ibu hamil, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat bekerja sama dengan TP PKK Provinsi Sulawesi Barat telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan pelayanan kesehatan ibu hamil menggunakan USG Mobile. Kegiatan ini dilakukan di Kabupaten Polewali Mandar pada tanggal 8 Juni 2023.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, dr. Indahwati Nursyamsi, turut mendampingi Pj. Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Barat, Ninuk Triyanti Zudan, dalam kegiatan ini. Mereka hadir langsung bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat untuk melaksanakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang layanan kesehatan ibu hamil dan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi 100 orang ibu hamil.

Dalam kesempatan ini, Pj. Ketua TP PKK Sulawesi Barat  menyampaikan pentingnya peran layanan kesehatan ibu hamil dalam menurunkan angka stunting di Sulawesi Barat. Stunting merupakan masalah serius yang dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan memberikan perhatian yang tepat pada kesehatan ibu hamil, diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya stunting pada anak.

Kegiatan pemeriksaan pelayanan kesehatan ibu hamil menggunakan USG Mobile ini merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dan TP PKK Provinsi Sulawesi Barat. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh akses mudah dan cepat untuk memeriksakan kesehatan ibu hamil, terutama dalam mendeteksi masalah pertumbuhan janin dan memastikan kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam keadaan optimal.

Selain pemeriksaan kesehatan, kegiatan ini juga melibatkan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya perawatan kesehatan ibu hamil. Melalui sosialisasi yang efektif, diharapkan pengetahuan masyarakat akan penanganan dan pencegahan stunting dapat meningkat. Hal ini akan membantu masyarakat dalam mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal sejak dini.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dan TP PKK Provinsi Sulawesi Barat berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan-kegiatan serupa guna meningkatkan kesadaran masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada ibu hamil. Melalui kolaborasi ini, diharapkan angka stunting dapat ditekan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here