Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Angkatan III Tingkat Provinsi Sulawesi Barat

0
295
Pengendalian Infeksi (PPI)

Sulawesi Barat, 6 Juni 2023 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di tingkat Puskesmas, dilaksanakan pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Angkatan III Tingkat Provinsi Sulawesi Barat. Pelatihan ini diadakan secara Blended Learning, dengan kegiatan daring berlangsung pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 2023, dan kegiatan klasikal dimulai pada tanggal 4 hingga 9 Juni 2023 di Hotel Srikandi Mamuju.

Pelatihan PPI Angkatan III ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Puskesmas dengan kriteria dokter/dokter gigi, perawat/bidan, Kepala FKTP/Penanggung jawab mutu/penanggung jawab UKP/UKM. Para peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi, serta strategi terbaru dalam menghadapi tantangan yang muncul di masa depan.

Tim PPI Provinsi Sulawesi Barat akan bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Mereka menyampaikan materi-materi terkait Pencegahan dan Pengendalian Infeksi sesuai kurikulum pelatihan dengan merelevansikan situasi dan kondisi di Provinsi Sulawesi Barat.

Metode pelatihan Blended Learning dilakukan melalui pendekatan daring dan klasikal. Selama kegiatan daring, para peserta akan mengikuti sesi pembelajaran melalui platform digital yang disediakan. Sementara itu, kegiatan klasikal dilaksanakan di Hotel Srikandi Mamuju dimana seluruh peserta dan tim fasilitator melakukan interaksi langsung dengan titik berat pada praktek pencegahan dan pengendalian infeksi di tempat kerja tenaga kesehatan.

Pelatihan PPI Angkatan III Tingkat Provinsi Sulawesi Barat diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menghadapi berbagai situasi terkait pencegahan dan pengendalian infeksi. Dengan demikian, diharapkan pula dapat meningkatkan efektivitas upaya PPI di tingkat Puskesmas dalam menjaga kesehatan masyarakat di Provinsi Sulawesi Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here