Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Angkatan IV Dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat Secara Blended Learning

0
206
Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)

Mamuju, 18 Juni 2023 – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dengan menggelar pelaksanaan Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Angkatan IV yang diselenggarakan secara Blended Learning. Pelatihan ini diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan tenaga kesehatan dalam mencegah dan mengendalikan infeksi, serta memastikan kualitas pelayanan kesehatan yang aman bagi masyarakat.

Pelatihan PPI Angkatan IV dilaksanakan dalam dua format, yaitu Kelas Daring pada tanggal 10 hingga 13 Juni 2023 dan Kelas Klasikal pada tanggal 14 hingga 18 Juni 2023 di Hotel Yaki Mamuju. Penggunaan metode Blended Learning, yang menggabungkan pembelajaran daring dan tatap muka, dipilih untuk memaksimalkan interaksi antara peserta dan instruktur, serta untuk mengoptimalkan pembelajaran dalam situasi yang fleksibel.

Selama empat hari pertama, peserta mengikuti kelas daring melalui platform pembelajaran online yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat. Dalam sesi-sesi daring ini, peserta diberikan materi-materi terkait pencegahan dan pengendalian infeksi, termasuk prinsip dasar PPI, penggunaan alat pelindung diri, sterilisasi, sanitasi, serta pengelolaan limbah medis.

Setelah selesai dengan kelas daring, peserta melanjutkan pelatihan dengan menghadiri kelas klasikal selama lima hari di Hotel Marannu Mamuju. Dalam kelas ini, peserta berkesempatan untuk mendapatkan simulasi dan latihan praktis tentang pencegahan dan pengendalian infeksi. Selain itu, mereka juga dapat berdiskusi langsung dengan instruktur dan berbagi pengalaman dengan sesama peserta.

Drg. Asran Masdy, SKG.,MAP, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, menyatakan, “Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) merupakan program yang sangat penting dalam meningkatkan kesadaran dan keahlian tenaga kesehatan dalam menghadapi berbagai tantangan infeksi yang ada. Melalui metode Blended Learning, kami berharap para peserta dapat memperoleh pengetahuan yang mendalam dan keterampilan praktis yang dapat diterapkan di lapangan.”

Pelatihan PPI Angkatan IV ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari tenaga dokter, dokter gigi, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya dari fasilitas kesehatan pelayanan tingkat Pertama Se- Provinsi Sulawesi Barat. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik, serta terciptanya lingkungan yang lebih aman dan bebas dari infeksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here