Gerakan Cegah Stunting Dengan Jambore Kader Posyandu

0
206
di Hotel Maleo Mamuju

Pj Ketua TP PKK sekaligus ketua Pembina posyandu Sulawesi barat, NY Ninuk Triyanti Zudan, SH, M.Hum membuka secara resmi kegiatan jambore kader posyanduu tingkat provinsi Sulawesi barat tahun 2023 di Hotel Maleo Mamuju. Jambore kali ini berlangsung selama tiga hari, 26-28 Oktober dan diikuti sebanyak 80 peserta dari seluruh kabupaten di Sulawesi Garat anggota terdiri dari tenaga kesehatan pendamping dan kader-kader posyandu terbaik pilihan setiap kabupaten dengan mengusung tema “Kader Terampil Masyarakat Sehat”.

Dalam Sambutannya beliau mengatakan bahwa jambore ini diharapkan menciptakan kader yang berkualitas sehingga ke depan Sulawesi Barat bisa menciptakan generasi emas yang terbebas dari ancaman stunting dan gangguan kesehatan lainnya.

“Sejalan dengan program pemerintah provinsi dalam upaya pencegahan stunting dan juga gerakan ayo ke posyandu, kegiatan ini sangat patut di apressiasi dan menjadi langkah baik dalam upaya mendukung transormasi pelayanan kesehatan primer” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Drg. H Asran Masdy, SKG, MAP menuturkan bahwa Jambore Kader Posyandu Se-Sulawesi Barat ini merupakan momen istimewa yang mengumpulkan semua kader yang memiliki peran penting dalam upaya memajukan kesehatan masyarakat di Daerah kita yang tercinta ini, Kegiatan ini akan diupayakan rutin dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada kader-kader yang telah mengabdikan dirinya untuk kesehatan masyarakat..

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulbar, dr. Indahwati Nursyamsi, M.Kes meminta agar dalam menjalankan tugas di posyandu kader senantiasa berupaya maksimal dan tetap berkoordinasi dengan tenaga kesehatan dan pemerintah daerah setempat demi peningkatan kualitas dan kuantitaas layanan, karna seperti yang kita ketahui bersama Posyandu adalah tulang punggung dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kita. Para kader Posyandu yang merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam laporannya, Ketua Panitia sekaligus Kepala Seksi Promosi Kesehatan DInkes Sulbar menyampaikan Bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam jamboree ini adalah talkshow terkait posyandu, lomba yel-yel, penyuluhan, cerdas cermat, pentas budaya serta games lainnya,“Semoga dengan kegiatan jambore akan memberikan motivasi kepada para kader posyandu untuk dapat berbuat lebih baik lagi dalam percepatan penurunan stunting dan meningkatkan capaian Imunisasi Dasar,” harapnya.

“Terima kasih kepada semua kader posyandu atas upaya tanpa lelah dalam mengedukasi warga, mengorganisir kegiatan kesehatan, dan menjaga semangat gotong royong ,” tambahnya

*wawan iskandar TPKIP Promkes Sulbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here