Dinas Kesehatan Sulawesi Barat Laksanakan Pendampingan dalam Perhitungan Provincial Health Account (PHA) dan District Health Account (DHA)

0
27
Dinas Kesehatan Sulawesi Barat Laksanakan Pendampingan dalam Perhitungan Provincial Health Account (PHA) dan District Health Account (DHA)

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat mengadakan kegiatan pendampingan dalam perhitungan Provincial Health Account (PHA) dan District Health Account (DHA) yang berlangsung di Hotel Marannu, Mamuju, dari tanggal 10 hingga 14 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dan seluruh kabupaten se-provinsi Sulawesi Barat.

Narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ascobat Gani, MPH, Dr.PH, guru besar Universitas Indonesia, dan Indra Yoga, SKM., MKM dari Pusat Kebijakan dan Pengelolaan Pembiayaan Kesehatan (Pusjak PDK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Asran Masdy, dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu instrumen yang digunakan untuk memotret pembiayaan kesehatan adalah health account. “Melalui health account, kita dapat memperoleh informasi pembiayaan kesehatan secara keseluruhan yang memungkinkan pengambil keputusan untuk menjawab beberapa pertanyaan pokok terkait pengalokasian sumber daya kesehatan,” ujar Asran Masdy.

Beliau juga menambahkan bahwa isu-isu seperti kecukupan (sufficiency), pemerataan (equity), efisiensi (efficiency), efektifitas (effectiveness), dan keberlanjutan (sustainability) sangat penting dalam kebijakan alokasi sumber daya kesehatan. Hasil dari PHA dan DHA diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk memperbaiki kebijakan mobilisasi pembiayaan kesehatan serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi belanja kesehatan.

Selain itu, pelaksanaan penguatan PHA dan DHA di daerah merupakan amanah dari transformasi sistem kesehatan, khususnya pada pilar pembiayaan kesehatan yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan.

Kegiatan ini merupakan langkah nyata Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pembiayaan kesehatan, serta upaya untuk memastikan bahwa sumber daya kesehatan dialokasikan dengan tepat dan efisien demi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here