Pertemuan Analisis Hasil Pis – PK Terintegrasi Lintas Program di Tingkat Provinsi

0
420
Pertemuan Pis PK di Hotel Malaqbi

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat Gelar Pertemuan Analisis PIS PK tingkat Provinsi
Bertempat di Hotel Malaqbi Mamuju, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, drg. Asran Masdy,SKG.,MAP membuka secara resmi Pertemuan Analisis Hasil Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Terintegrasi Lintas Program Tingkat Provinsi Sulawesi Barat, Minggu (14/8/2022). Pertemuan berlangsung selama 3 hari yang diselenggarakan mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Agustus 2022.

Pertemuan ini diikuti oleh peserta yang merupakan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Se Provinsi Sulawesi Barat yang ditunjuk sebagai penanggung jawab PIS-PK dan juga perwakilan dari 4 Puskesmas setiap kabupaten.

Dalam pertemuan ini, terdapat beberapa hal yang menjadi kesepakatan bersama yakni salah satunya penggalangan komitmen kembali dan menyepakati target PIS-PK, dan sepakat untuk melibatkan lintas sektor dalam monitoring PIS-PK. Hal itu sesuai dengan pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dalam arahannya.

Dalam melaksanakan PIS-PK diperlukan integrasi dari upaya kesehatan perorangan (UPK) dengan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dengan memperhatikan tujuan untuk meningkatkan derajat Kesehatan. Maka dari itu, diperlukan optimalisasi dari implementasi dilapangan. Harapan kita tentunya perubahan indeks keluarga sehat.

Pertemuan yang merupakan pertemuan tatap langsung PIS PK pada tahun 2022 ini berfokus pada implementasi PIS-PK yang berkaitan dengan sistem informasi (aplikasi). Sistem informasi tersebut sudah dirancang dengan sangat baik dengan tujuan memudahkan proses merekam semua hasil kinerja PIS-PK.

Untuk memudahkan dilapangan, sudah disediakan oleh pusat aplikasi keluarga sehat. Saat ini sudah versi 2.0, dimana proses entry data lebih cepat. Terdapat beberapa fitur untuk dapat melihat jumlah keluarga pra/ tidak sehat, fitur informasi target keluarga yang akan dikunjungi serta fitur analisis data (crosstab).

Pertemuan ini juga diisi dengan materi yang dinarasumberi oleh Badan Kebijakan Kemenkes RI, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Bidang Yankes, Kefarmasan dan SDMK serta pengelola PIS PK yang berfokus pada sistem informasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here