Pembekalan Peserta Program Internship Dokter Indonesia

0
243

Provinsi Sulawesi Barat menerima 6 orang dokter melalui Program Insternship Dokter Indonesia (PIDI). PIDI merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang kesehatan. Internsip adalah Proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Kegiatan Pembekalan Peserta PIDI dilaksanakan di Hotel Yaki mulai tanggal 27 sampai 29 Mei 2022 Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, drg. H. Asran Masdy,, M.AP. Selain memberikan sambutan, Kadis Kesehatan juga memberikan materi kepada peserta. Dalam materinya, Kadis Kesehatan menyampaikan tentang kondisi Kesehatan di Sulbar: Issue strategis, permasalahan, dan inovasi yang dilakukan Pemprov Sulbar dalam mengatasi permasalahn Kesehatan yang ada. Kegiatan juga diisi dengan materi Mini workshop persiapan pelaksanaan PIDI yang dibawakan oleh Komite Insternship Dokter Indonesia (KIDI) Pusat, dr. Zainul Arifin, M.Kes.

Peserta mendapatkan banyak materi sebagai bekal sebelum melaksanakan tugas sebagai dokter di Rumah Sakit dan Puskesmas. Pada periode PIDI Angkatan II, peserta akan ditempatkan pada wahana RSUD Polewali Mandar, Puskesmas Wonomulyo, dan Puskesmas Campalagian. Dalam melaksanakan tugasnya, peserta akan difasilitasi oleh dokter pendamping dari masing-masing Rumah Sakit dan Puskesmas. Kegiatan Dokter Internship diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan di Sulawesi Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here