Rapat Koordinasi Teknis Risnakes 2017 Provinsi Sulawesi Barat

0
32

Bertempat di Hotel dMaleo Mamuju Balai besar Penelitian dan Pengembangan Tanamam Obat Tradisional (KORWIL IV) bekerja sama dengan DInas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat  melakukan Rapat Koordinasi Teknis. Wahyuddin selaku yang mewakili Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat menyatakan sangat menyambut baik pelaksanaan Riset ketenagaan yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Barat.

Dengan Risnakes diharapkan akan memperoleh gambaran ketenagaan di bidang kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan di kabupaten/kota, provinsi, dan Nasional. Selain itu juga akan diperoleh pemetaan tenaga kesehatan secara nasional di fasilitas pelayanan kesehatan (RS dan puskesmas), sehingga dapat diketahui jumlah maupun kebutuhan sebenarnya tenaga kesehatan secara nasional. Tingkat Produktifitas seorang nakes dan responsiveness (kepuasan / ketanggapan) dari pelayanan kesehatan yang dilakukan di puskesmas / RS hal juga merupakan indikator yang akan diukur di riset ini.

Pelaksanaan  Risnakes di Sulawesi Barat akan dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (puskesmas dan rumah sakit  baik RS Umum / khusus, RS Pemerintah dan RS Swasta). Terdapat 9 Rumah Sakit di Provinsi Sulawesi Barat (RSUD Regional Provinsi Sulawesi Barat, RSUD Mamuju, RS Mitra Manakarra, RSUD Majene, RSUD Polewali Mandar, RSUD Kondosapata Mamasa, RSUD Banua Mamase, RSUD Mamuju Tengah dan RSUD Mamuju Utara). Selain itu terdapat 95 Puskesmas yang akan di jadikan sebagai tempat pelaksanaan Sensus yang terbagi di 6 Kabupaten. Dalam Pelaksanaan Riset Tenaga Kesehatan Dinas Kabupaten masing – masing akan melaksakan rekruitmen tenaga enumerator  yang akan bertugas di Puskesmas dengan jumlah Enumerator sebanyak 30 Orang.Adapun untuk Enumerator Rumah Sakit akan direkrut oleh Dinas Kesehatan Provinsi sebanyak 6 Enumerator.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here