Dinkes Sulbar Laksanakan Pelatihan Surveilans Epidemiologi Bagi Petugas Puskesmas

0
623

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan Pelatihan Surveilans Epidemiologi Bagi Petugas Puskesmas dilaksanakan di Hotel Marannu Kabupaten Mamuju, 22 – 30 Oktober 2021. Kegiatan Pelatihan dilaksanakan bekerja sama dengan Balai Pelatihan Kesehatan. Pada proses pembelajaran di kelas, diberikan pembekalan pengetahuan/wawasan materi dan pembekalan keterampilan melalui berbagai bentuk penugasan. Metode pembelajaran terdiri dari ceramah tanya jawab (CTJ), curah pendapat, demonstrasi, latihan, diskusi kelompok, serta praktek lapangan.

Pelatihan Surveilans Epidemiologi Bagi Petugas Puskesmas diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi peserta latih melakukan surveilans epidemiologi di Puskesmas. Sasaran Pelatihan Surveilans Epidemiologi Bagi Petugas Puskesmas adalah terwujudnya peserta latih (sebanyak 60 orang) yang melaksanakan surveilans epidemiologi di Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, drg. Asran Masdy dalam sambutannya menekankan bahwa untuk memiliki data dan informasi yang baik, maka dibutuhkan SDM Puskesmas yang memiliki kompetensi surveilans epidemiologi yang baik. Puskesmas berupaya untuk memiliki data dan informasi yang baik namun beberapa Puskesmas saat ini belum memiliki SDM Jabatan Fungsional Epidemiologi bahkan petugas Puskesmas di bagian Upaya Kesehatan Masyarakat beberapa petugas belum memiliki kompetensi surveilans epidemiologi. Maka dari itu upaya peningkatan kompetensi petugas Upaya Kesehatan Masyarakat di Puskesmas harus dilakukan. Peningkatan kompetensi tersebut dapat dicapai diantaranya melalui kegiatan pelatihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here