Visi dan Misi

0
294

Visi Pembangunan Jangka Menengah Daerah Sulawesi Barat  2017 – 2022 adalah “Sulawesi Barat Maju dan Malaqbi”. Dalam mewujudkan Visi, terdapat 4 (empat) Misi sebagai berikut:

  1. Misi Pertama, Meningkatkan kualitas dan kapasitas kinerja Pemerintah Daerah (good governance) agar mampu menjalankan kewajiban konstitusionalnya, yaitu memberikan perlindungan dan pelayanan, serta memberdayakan segenap warga masyarakat Sulawesi Barat; Pemerintah daerah yang baik adalah pemerintah yang terbuka, dapat dipercaya, partisipatif dan senantiasa berjalan di atas prinsip – prinsip demokrasi. Hal ini merupakan modal dasar bagi tercapainya pembangunan daerah yang berkualitas dalam rangka menciptakan kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat.
  2. Misi Kedua, Meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (capacity building) yang berbudaya, produktif serta berintegritas; Peningkatan kualitas sumberdaya manusia menjadi dasar bagi pembangunan dan bersifat sangat strategis bagi pembangunan Sulawesi Barat di masa mendatang.
  3. Misi Ketiga, Pembangunan berkelanjutan (suistanable development) berpusat pada rakyat (people centered development) yang inklusif, dan mengedepankan partisipasi rakyat (participatory based development); Pembangunan berpusat pada rakyat (people centered development) menempatkan individu bukan sebagai objek, melainkan sebagai subjek yang menetapkan tujuan, mengendalikan sumber daya, dan mengarahkan proses yang mempengaruhi kehidupannya. Pembangunan berpusat pada rakyat menghargai dan mempertimbangkan prakarsa rakyat, dan kekhasan lokal, serta kearifan lokal untuk menumbuhkembangkan inovasi daerah.
  4. Misi Keempat, Mendorong dan memfasilitasi berjalannya ekonomi kerakyatan (people’s economy) yang berkualitas, berkelanjutan, berbasis wilayah, dengan memperhatikan potensi masing-masing wilayah yang didukung oleh infrastruktur yang memadai. Ekonomi kerakyatan yang dimaksud adalah perekonomian yang senantiasa menyelaraskan antara kondisi dan potensi daerah dengan kinerja ekonomi. Fokusnya adalah menggerakkan perekonomian yang mampu mengurangi angka kemiskinan dan memperluas lapangan kerja, serta mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi yang erkualitas dengan dukungan infrastruktur yang memadai. Dengan ini diharapkan ekonomi daerah akan tumbuh dan berkembang, berbasis pada ekonomi rakyat dan mampu memberikan dampak nyata kepada rakyat.

Makna yang terkandung dalam visi tersebut dijabarkan sebagai berikut:

Sulawesi Barat Maju : Sejajar dengan propinsi maju lainnya di Indonesia terkhusus di kawasan timur Indonesia dengan mendorong 3 aspek pembangunan yaitu : Pertama : Maju dari aspek pendidikan, kesehatan dan pendidikan masyarakat; Kedua : Maju dalam pengelolaan tata pemerintahan yang bersih dan professional dan Ketiga : Maju dalam pengembangan infrastruktur daerah serta pengelolaan SDA yang optimal

Sulawesi Barat Malaqbiq “didefenisikan”       Pertama :Masyarakatnya Malaqbiq, dalam arti berpengetahuan, berketerampilan, berbudaya dan religious; Kedua     : Alam dan lingkungan yang Malaqbiq, dalam terkelola dengan baik dan profesional untuk kesejahtraan rakyat dan Ketiga : Malaqbiq dalam berhubungan dunia luarnya dan propinsi lainnya dalam jejaringnya kuat dan dihormati sehingga dipercaya dengan tujuan untuk membangun Sulbar yang lebih maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here