Training of Trainer Konseling Upaya Berhenti Merokok

0
20

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Penyakit Tidak Menular (PTM) menyelenggarakan Training of Trainer Konseling Upaya Berhenti Merokok (UBM) di FKTP. Provinsi Sulawesi Barat yang diwakili oleh Dinas Kesehatan, BPSDM Sulbar, dan KKP Wilker Mamuju berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan 13 s/d 17 Juni 2022.

Penyelenggaraan layanan UBM di FKTP memiliki peran strategis dalam membantu masyarakat yang ingin berhenti merokok karena FKTP merupakan sumber layanan kesehatan yang utama dan sangat dekat keberadaannya dengan masyarakat. Pelayanan kesehatan di FKTP memiliki paparan ke masyarakat pada jangka waktu lama dan membangun hubungan dekat dengan komunitas. Maka dari itu, penting bagi tenaga kesehatan di FKTP untuk dapat memberikan konseling UBM, mengedukasi masyarakat agar menjauhi rokok dan asap rokok, serta membantu perokokt untuk berhenti dan terlepas dari jerat ketergantungan rokok.

Perokok mempunyai risiko 2-4 kali untuk terkena penyakit jantung koroner dan kanker paru, serta PTM lainnya yang dapat dicegah. Konsumsi rokok di Indonesia telah sampai pada situasi yang mengkhawatirkan. Apalagi jika mengingat dampak yang ditimbulkan tidak hanya merugikan kesehatan perokok maupun orang lain yang terpapar asap rokok, tetapi juga mengancam ekonomi keluarga masyarakat miskin. Oleh karena itu, perlu upaya pengendalian dampak konsumsi rokok di Indonesia yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun masyarakat.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah, trainer atau fasilitator dapat melatih dan memberikan bimbingan kepada petugas di FKTP/Puskesmas untuk menyelenggarakan layanan UBM kepada masyarakat.

Muh Irfan Ilham Atjo, SKM., M.Kes
Adminkes Ahli Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here