Supervisi dan bimbingan teknis (Bimtek) Labkesmas Sulawesi Barat

0
26
Supervisi dan bimbingan teknis (Bimtek) Labkesmas Sulawesi Barat

Dalam rangka penguatan fungsi Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas) di wilayah Regional 8, Kementerian Kesehatan bersama Labkesmas Tier 4 Regional 8 yang terdiri dari Balai Besar Labkesmas Makassar, Balai Labkesmas Makassar, dan Balai Labkesmas Donggala sebagai pengampu, melakukan supervisi dan bimbingan teknis (Bimtek) di beberapa Labkesmas.

Kegiatan ini dilaksanakan di Labkesmas Provinsi Sulawesi Barat, Labkesmas Kabupaten Polewali Mandar, serta Labkesmas di Puskesmas Binanga dan Puskesmas Matakali. Sebelumnya, tim telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar.

Supervisi dan Bimtek ini dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 4 Juli 2024 dengan tujuan sebagai berikut:
– Melakukan supervisi, bimbingan teknis, dan monitoring serta evaluasi terhadap pelaksanaan fungsi Labkesmas Tier 3, 2, dan 1.
– Melihat kondisi sarana, prasarana, alat, dan ketenagaan di masing-masing Labkesmas.
– Melakukan bimbingan teknis untuk melihat kemampuan dan mutu pemeriksaan, terutama parameter mikrobiologi, parasitologi, pengujian lingkungan, pengujian vektor, serta binatang pembawa penyakit.
– Meningkatkan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Labkesmas Provinsi/Kabupaten dalam penyelenggaraan Labkesmas di setiap tingkatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat menyampaikan Labkesmas memiliki peran penting dalam pelaksanaan transformasi kesehatan di Sulawesi Barat. Penguatan fungsi Labkesmas tidak hanya memastikan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, tetapi juga meningkatkan kapabilitas dalam pengujian dan diagnosa, yang sangat penting dalam pengendalian penyakit dan pemeliharaan kesehatan lingkungan.

Dengan adanya supervisi dan bimbingan teknis ini, kita berharap dapat meningkatkan standar operasional dan mutu pelayanan di setiap tingkatan Labkesmas, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat yang nyata dari upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here