Sosialisasi Protokol Kesehatan Masyarakat dalam pencegahan Covid-19 Kabupaten Majene Tanggal 13 s.d 15 September 2020

0
20

Semenjak diumumkan kasus pertama Covid-19 pada bulan Maret 2020 oleh presiden Joko Widodo, pemerintah terus berupaya melakukan langkah-langkah mitigatif dan penanganan seoptimal mungkin agar virus ini tidak semakin menyebar dan membawa korban jiwa. Beragam pilihan kebijakan ditempuh untuk menghadang laju penyebaran, mulai dari penerapan physical distancing, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah yang terpetakan sebagai episentrum penyebaran.GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Menurut Menkes, yang perlu disadari benar adalah pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri karena pencegahan tersebut adalah yang paling baik dan murah. Adapun langkah pencegahan dan menjaga diri dari Virus Corona adalah dengan menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk Meningkatkan kesadaran publik dan perubahan perilaku masyarakat Adaptasi Kebiasaan Baru dan Masyarakat sadar menggunakan masker, Mencuci tangan dengan sabun diair mengalir dan Jaga Jarak / hindari kerumunan

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Ruskati Ali baal Masdar (Anggota DPR RI Komisi IX)  yang dimoderatori oleh dr.Muhammad Alief Satria Lahmuddin kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Barat dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemerintah telah mempersiapkan beberapa panduan menuju new normal /tatanan kehidupan normal baru. Kita semua bisa berperan aktif memantau apakah tempat bekerja kita atau pasar yang kita kunjungi sudah menerapkannya untuk kepentingan bersama. Ibu menegaskan dalam bahasa mandar “Pendalingao” mendengarki’ anjuran pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here