Puskesmas Banggae 1, Puskesmas dengan Indeks Keluarga Sehat terbaik di Sulawesi Barat

0
83

Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki derajat kesehatan optimal. Dalam rencana strategis Kementerian Kesehatan menegaskan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Dari 11 Puskesmas di Kabupaten Majene Puskesmas Banggae 1 merupakan Puskesmas dengan capaian nilai Indeks Keluarga sehat tertinggi dengan nilai IKS 0,354 yang berarti terdapat 35,4% keluarga dengan kategori sehat atau IKS > 0,800 di wilayah kerja Puskesmas Banggae 1

Puskesmas Banggae 1 merupakan salah satu puskesmas yang ada di wilayah Banggae dengan jumlah penduduk sasaran sebanyak 20.293 jiwa dan memiliki 3 Desa / kelurahan  wilayah kerja  yaitu Banggae, Pangali Ali dan Galung.

Dari 3 kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Paguyuman, capaian status Keluarga Sehat terbaik diperoleh oleh Kelurahan Banggae dengan IKS 0,398 disusul Pangali Ali dengan IKS masing-masing 0,354. Sedangkan capaian terendah didapat kelurahan Galung dengan IKS 0,289.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here