Pertemuan Orientasi SIKDA Generik Provinsi Sulawesi Barat Tahun Anggaran 2019

0
113

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melalui seksi Program dan perencanaan melaksanakan kegiatan Pertemuan Workhsop SIKDA Generik di D’Maleo Hotel Jl. Yos Sudarso No. 51,  Mamuju pad tanggal 15 – 17 Oktober 2019. Kegiatan tersebut di hadiri oleh narasumber Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulbar dr. H. Muhammad Alief Satria Lahmuddun dan dari  Pusat data informasi ( Pusdatin ) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ibu Ika Kurniasih, S.Kom. MM dengan Dadan Ramadani, S. Kom.

Peserta Kabupaten yang diundang adalah Kabupaten Majene Pengelola SIK Dinas Kesehatan Kabupaten 1 Orang, Peserta Puskesmas (Pengelola SIKDA Generik Puskesmas) 7 Orang, Kabupaten Mamasa Pengelola SIK Dinas Kesehatan Kabupaten 1 Orang, Peserta Puskesmas (Pengelola SIKDA Generik Puskesmas) 7 Orang, Kabupaten Mamuju Tengah Pengelola SIK Dinas Kesehatan Kabupaten 1 Orang, Peserta Puskesmas(Pengelola SIKDA Generik Puskesmas) 3 Orang, Kabupaen Pasangkayu Pengelola SIK Dinas Kesehatan Kabupaten 1 Orang, PesertaPuskesmas (Pengelola SIKDA Generik Puskesmas) 7 Orang, Kabupaten Polewali Pengelola SIK Dinas Kesehatan Kabupaten 1 Orang, PesertaPuskesmas (Pengelola SIKDA Generik Puskesmas) 3 Orang, Kabupaten Mamuju Pengelola SIK Dinas Kesehatan Kabupaten 1 Orang, PesertaPuskesmas (Pengelola SIKDA Generik Puskesmas) 3 Orang.

Adanya kegiatan Workhsop Sikda Generik ini, Petugas SIKDA Generik mampu mempersiapkan atau melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan data pelayanan dan memahami tentang aplikasi SIKDA Generik tersebut serta mampu mengimplementasikan langkah-langkah pada aplikasi SIKDA Generik sehingga kita dapat memiliki data yang akurat dalam pelaksanaan program kegiatan pembangunan kesehatan dan data ini nantinya dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan kesehatan di Provinsi Sulawesi barat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dr. H. Muhammad Alief Satria Lahmuddin Menyampaikan dalam sambutanya SIKDA Generik merupakan Sistem Informasi Kesehatan Daerah yang dirancang untuk dapat memenuhi berbagai persyaratan minimum yang dibutuhkan dalam kegiatan pengelolaan informasi kesehatan daerah, mulai dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, sampai dengan distribusi Informasi Kesehatan. SIKDA Generik ini dirancang untuk menjadi standar bagi Pemerintah Daerah dalam pengelolaan informasi kesehatan di daerah, meliputi pelaksana kesehatan yang ada didalamnya yaitu Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Dinas Kesehatan Provinsi.

Edited Muh. Yusran, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here