Pertemuan Validasi Data Kohort Provinsi Program P2P Kusta dan Frambusia

0
155

Dinas Kesehatan Provinsi Suawesi Barat seksi P2P melaksanakan Kegiatan Pertemuan Validasi Data Kohort Provinsi Program P2P Kusta dan Frambusia pada tanggal 09 s.d 11 Maret 2020 di Grand Maleo Hotel Mamuju, dengan dihadiri narasumber Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Subdit Kusta dan Frambusia Kemenkes RI, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Seksi P2 Dinkes Prov. Sulbar, dan peserta yang hadir pada pertemuan ini berjumlah18 orang Masing-Masing 3 Orang setiap Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat. Yaitu Kepala Seksi P2, Pengelola Program Kabupaten dan Puskesmas Terpilih.

Kegiatan Pertemuan Validasi Data Kohort Provinsi Program P2P Kusta dan Frambusia dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dr. Muhammad Alief Satria Lahmuddin yang didampingi oleh Subdit Kusta dan Frambusia Kemenkes RI  dan Kepala Seksi P2 Dinkes Prov. Sulbar

Beban akibat penyakit kusta yang kita hadapi bukan hanya tingginya jumlah penderita, melainkan juga kecacatan yang diakibatkannya, yang dapat menyebabkan timbulnya permasalahan ekonomi dan diskriminasi sosial penderita serta keluarganya.

Pada tahun 2018, Indonesia masih berada pada urutan ke 3 setelah India dan Brazil. Oleh karena itu dilakukan kegiatan – kegiatan aktif dalam rangka mencapai target eliminasi Kusta dan eradikasi Frambusia.

Di Provinsi Sulawesi Barat capaian untuk Indikator Persentase Cakupan Penemuan kasus baru kusta tanpa cacat pada tahun 2019 adalah 98.7 % (dari 179 Kasus baru, 176 ditemukan tanpa cacat). Hasil tersebut menunjukkan adanya upaya pengendalian dan penemuan secara dini penyakit Kusta sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun 2020. Oleh karena itu saya harapkan dapat lebih Meningkatkan Deteksi Dini dan Pengobatan segera dengan Pendekatan Keluarga Sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat Bapak dr. H. Muhammad Alief Satria Lahmuddin dalam sambutanya menyampaikan bahwa, Untuk mengetahui sejauh mana pencapaian target yang telah ditetapkan maka pada hari ini dilaksanakan Pertemuan Validasi Data Kohort Provinsi Program Pengendalian Penyakit Kusta dan Frambusia  agar didapatkan data yang valid dan reliabel sehingga dapat menjadi informasi yang berguna serta memberikan gambaran situasi rill di lapangan untuk menjadi dasar dalam pengambilan keputusan dan perencanaan program.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here