Perkembangan PISPK di Provinsi Sulawesi Barat

0
26

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) telah memasuki tahun ke 5, ditargetkan pada tahun 2021 ini seluruh Puskesmas di Sulawesi Barat telah melaksanakannya. Banyak Puskesmas yang telah melakukan intervensi guna meningkatkan nilai IKS dan 12 indikator keluarga sehat. Oleh karena itu sudah saatnya bila kita melihat apakah intervensi tersebut telah mampu mendorong nilai IKS Kabupaten di Sulawesi Barat ke arah yang lebih baik?

Indeks Keluarga Sehat (IKS) saat ini

Secara Provinsi  gambaran pencapaian IKS (Indeks Keluarga Sehat) per April 2021 yang dirinci menurut Kabupaten, dapat dilihat pada gambar berikut.

Berdasarkan grafik diatas terlihat bahwa kabupaten dengan Indeks Keluarga Sehat (IKS) tetinggi dicapai oleh Kabupaten Majene 25,10%  dan Kabupaten Mamasa 19,80%.  Adapun kabupaten Mamuju menjadi kabupaten dengan capaian Indeks Keluarga Sehat (IKS) terendah dibandingkan kabupaten lain dengan capaian IKS 13%.

Secara Provinsi IKS Sulawesi Barat adalah 0,172 yang berarti hanya 17,20% keluarga yang tergolong sehat di Sulawesi Barat berdasarkan 12 Indikator. Capaian ini meningkat di bandingkan tahun sebelumnya sebesar 0.145 atau 14,50%.

Pencapaian 12 indikator keluarga sehat Provinsi Sulawesi Barat dapat dilihat pada gambar berikut,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here