Pemicuan Jamban Keluarga di Desa Lebani

0
79

Keberadaan toilet atau WC di setiap rumah tangga di desa Lebani Kecamatan Tapalang Barat masih menjadi masalah yang belum tertuntaskan. Ketersediaan jamban keluarga ternyata memiliki pengaruh terhadap stunting.

Koordinator Program Marasa Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Irjan Mahmud dalam pendampingan pelaksanaan program Marasa di Desa Lebani ( 27 – 29 November 2020) menekankan ketersediaan jamban keluarga menjadi salah satu focus pendampingan desa Marasa oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan hari pertama yang dimulai dengan penyusunan kesepakatan dan komitmen bersama model intervensi program yang akan dilaksanakan bersama secara berjenjang mulai dari desa, Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat.

Data menunjukkan sekitar 62 keluarga belum memiliki jamban keluarga di Desa Lebani yang tersebar di 8 dusun. Pemicuan yang dilaksanakan di dusun Salu – salu sangat antusias diikuti oleh masyarakat yang ada di dusun salu – salu yang dihadiri juga oleh Kepala Desa dan Ketua Tim PKK Desa Lebani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here