Pembinaan Teknis Pengembangan SPGDT Pra-Hospital di Rumah Sakit

0
66

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat seksi Pelayanan Kesehatan ( Yankes ) melaksanakan kegiatan Pembinaan Teknis Pengembangan SPGDT Pra-Hospital di Rumah Sakit pada tanggal 1 Maret 2020 di hotel marannu mamuju, dengan dihadiri oleh pemateri dari Direktur Pelayanan Kesehatan Kementerian kesehatan RI, Direktur PSC/BSB KTI  Makassar, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Kefarmasian dan SDMK Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dan peserta dari setiap kabupaten Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, Lintas sektor ( BNPB, PSC, Damkar ).

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat Melaksanakan kegiatan tersebut dengan tujuan untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan tentang pembinaan teknis pengembangan SPGDT Pra Hospital di rumah sakit khususnya Rumah Sakit yang ada di Provinsi Sulawesi Barat

SPGDT adalah sebuah sistem penanggulangan pasien gawat darurat yang terdiri dari unsur, pelayanan pra Rumah Sakit, pelayanan di Rumah Sakit dan antar Rumah Sakit. Prinsip penanganan Gawat Darurat adalah “time saving is life and limb saving, artinya semakin cepat waktu untuk merespon terhadap kejadian gawat darurat, semakin besar kesempatan untuk menyelamatkan nyawa pasien, yang melibatkan pelayanan oleh masyarakat awam umum dan khusus, petugas medis, pelayanan ambulans gawat darurat dan sistem komunikasi.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat Bapak dr. H. Muhammad Alief Satria Lahmuddin menyampaikan dalam sambutanya bahwa, Program SPGDT sebagai upaya respon cepat terhadap kondisi kegawat daruratan, yang perlu didukung dengan system yang mapan, terorganisir, ditangani oleh SDM professional, serta regulasi. Sistem yang dimaksud yakni SPGDT, melalui implementasi Public Safety Center (PSC) 119. SPGDT merupakan koordinasi berbagai unit kerja, dan didukung berbagai kegiatan profesi multi disiplin, untuk menyelenggarakan pelayanan terpadu bagi penderita gawat darurat dalam keseharian, maupun kebencanaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here