Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku Angkatan IV Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2019

0
74

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat malaksanakan Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku Angkatan IV Tingkat Provinsi Sulawesi Barat, Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari di hotel D’Maleo Mamuju mulai tanggal 21 Oktober s/d 25 Oktober 2019.

Narasumber Fasilitator Pelatihan pada kegiatan tersebut Pusat Pelatihan SDM Kesehatan PPSDM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Pejabat Struktural Dinas Kesehatan Provinsi, BBPSDM, Staf Dinas Kesehatan Provinsi yang sudah mengikuti TOT Komunikasi Perubahan Perilaku dengan peserta dari semua kabupaten di provinsi Sulawesi Barat.

Peserta yang diundang berasal dari Lokus yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan yaitu Kabupaten Majene PKM Malunda 3 orang, PKM Mapilli 3 orang. Kabupaten Polewali Mandar PKM Pekkabata 3 orang, PKM Matakali 3 orang. Kabupaten Mamasa PKM Tabulahan 4 orang. Kabupaten Pasangkayu PKM Duripoku 2 orang. Kabupaten Mamuju Tengah PKM Lara 3 orang, dan Kabupaten Mamuju PKM Tarailu 3 orang, PKM Ranga – Ranga 4 orang. 

Upaya meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, bukan merupakan proses yang mudah. Sehubungan dengan itu, petugas kesehatan terutama tenaga promosi kesehatan puskesmas harus mempunyai kompetensi yang memadai dalam melakukan intervensi perubahan perilaku melalui upaya promosi kesehatan serta komunikasi perubahan perilaku, sesuai dengan masalah kesehatan yang ada serta kondisi sosial budaya masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dr. H. Muhammad Alief Satria Lahmuddin menyampaikan dalam sambutanya Salah satu intervensi perilaku kesehatan keluarga adalah melalui pendekatan Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) dalam pemberdayaan Keluarga Sehat. Pada prinsipnya KPP dalam pemberdayaan keluarga sehat merupakan upaya pemberdayaan individu, keluarga dan masyarakat agar tahu, mau dan mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here