Kemenkes Lakukan Pembinaan Wilayah di Mamuju

0
212

Beberapa hari yang lalu Kementerian kesehatan RI melakukan Pembinaan Wilayah di Provinsi Sulawesi Barat. Pembinaan Wilayah menjadi media komunikasi antara Pusat dan daerah dalam mendiskusikan target – target Kesehatan yang menjadi Implementasi dari Nawa Cita Pemerintah Pusat.

Rombongan yang di pimpin oleh dr. Wiendra Waworuntu, Mkes, selaku Direktur P2PML ini di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, Direktur RSUD Kabupaten, Para Kepala bidang Lingkup Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Para Kepala Seksi Dinas Kesehatan Provinsi Sualwesi Barat dan beberapa Pengelola Program Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, dr. Achmad Azis yang memimpin Rapat Koordinasi mengatakan bahwa sinergitas Program antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten sangat penting untuk selalu dilaksanakan. Kepala dinas kesehatan juga secara singkat menyampaikan status Pembangunan Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat.

Dr. Wiendra selaku Ketua tim juga memaparkan capaian Pembangunan Kesehatan secara Nasional dan menyandingkan wilayah – wilayah yang pencapaiannya setara. Dalam kesempatan ini beliau menekankan pentingnya dukungan Penganggaran Kesehatan yang sesua dengan Mandatory UU Kesehatan No 36 tahun 2019 yang mentahakan bahwa alokasi Pembiayaan Kesehatan bersumber dana APBN adalah 5% dan APBD 10% dari Belanja Langsung.

Inti Pembangunan Kesehatan adalah Preventif dan Promotif dengan tetap memperhatikan kualitas Kuratif (Pengobatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here