Keberhasilan Akhiri Covid-19 Tergantung Peran Masyarakat

0
55

Dalam menanggulangi pandemi Covid-19 tidak hanya dilakukan oleh pemerintah. Peran masyarakat untuk jaga jarak dan tinggal di rumah menjadi penentu keberhasilan dalam mengakhiri Covid-19 di Indonesia.


”Keberhasilan upaya penanganan Covid-19 sangat tergantung peran masyarakat. Butuh kerja sama semua perangkat RT, RW, Desa, sampai dengan pelaksanaan isolasi mandiri baik perorangan sampai kelompok dan kepatuhan dalam penerapan PSBB,” kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto.


Pemerintah akan terus memperkuat upaya penanggulangan Covid-19 dengan melakukan penelusuran terhadap kontak dekat yang dilaksanakan oleh otoritas Dinkes setempat dan pengujian sampel secara masif.

dr. Achmad menekankan kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, tidak bepergian dan tidak mudik untuk memutus rantai penularan.
Upaya pemerintah saat ini tengah berusaha memenuhi kebutuhan reagen untuk pemeriksaan PCR. Pemeriksaan PCR mensyaratkan bahwa lab harus memiliki fasilitas Bio Safety Level (BSL) 2 atau memiliki BSL Cabinet.


Pemeriksaan PCR membutuhkan reagen dan alat tertentu yang sampai saat ini harus didatangkan dari negara lain. Sayang nya semua negara terdampak pandemi Covid-19 sama-sama membutuhkan reagen. Gugus tugas penanggulangan Covid-19 terus berupaya mendapatkan reagen tersebut secara bertahap dan berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here