Hindari Tidur dalam Posisi Tengkurap

0
455

eHealth. Setiap manusia membutuhkan tidur cukup, namun banyak yang menjadikan tidur permasalahan sepele yang sekadar dijalani tanpa memperhatikan apa sebetulnya yang seharusnya dicapai saat dan setelah tidur.

Tidur seharusnya menjadikan tubuh lebih sehat dan segar, serta tidur malam yang cukup akan memberi Anda energi luar biasa besar untuk beraktifitas pada hari berikutnya.

Namun ada beberapa kesalahan dalam posisi tidur Anda yang justru akan menghambat kesehatan tubuh. Apa saja dan lantas bagaimana sebaiknya posisi tidur yang baik? Berikut tipsnya.

Mulailah untuk tidur dengan posisi telentang lurus dan gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi. Posisi tidur ini dianggap paling sempurna karena badan berada dalam posisi rileks. Tubuh anda juga tidak melengkung, sebab posisi tersebut dapat mengganggu jantung dan sirkulasi darah.

Posisi tidur miring sebenarnya tidak jelek tetapi sebaiknya jangan terus menerus dalam kondisi itu. Posisi miring yang baik adalah miring ke kanan karena dianggap oleh para dokter posisi ini tidak menekan aliran pada jantung anda.

Bila Anda sering tidur dengan posisi tengkurap, hal ini merupakan posisi yang paling buruk. Karena bisa menekan lengkungan tulang punggung yang menyebabkan otot tetap tegang selama tidur. Selain itu tengkurap bisa membuat wajah sembab dan mata merah karena dada dan jantung tertekan.

Sebaiknya hindari tidur yang menantang lampu karena akan membuat wajah mengerut saat anda tidur pulas. Jangan lupa tanggalkan perhiasan dan pakaian dalam saat tidur, agar darah bisa bersirkulasi baik dan membuat anda tidur semakin nyenyak.(fns/dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here