Fasilitasi dan Intervensi Program Marasa Bidang Kesehatan di Desa Batu Parigi

0
235

Salah satu program strategis  Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, H. Ali Baal Masdar adalah Program Marasa untuk desa dengan kategori tingkat ekonomi dan pendidikan yang masih rendah serta bermasalah dari aspek kesehatan. Program sudah sangat jelas tertuang dalam RPJMD Provinsi Sulawesi Barat 2017-2022 melalui Perda Nomor 8 tahun 2017.

Konsep Program Marasa Merupakan bentuk Komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk mendorong dan mempercepat Akselerasi kemajuan pembangunan desa menuju status berkembang dan hingga berstatus mandiri.

Pendekatan Program melalui 3 pilar pembangunan yaitu Mandiri, Cerdas dan Sehat yang akan memicu berkembangnya potensi desa dan usaha ekonomi rakyat, peningkatan akses sumberdaya alam desa dan pemasaran produk unggulan desa, meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan Kegiatan Intervensi Program Marasa Bidang Kesehatan Desa Batu Parigi, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah pada tanggal 06 s.d 08 Desember 2020.

Kegitan ini dilaksanakan agar masyarakat Desa Batu Parigi bergandengan tangan melakukan evaluasi dan perbaikan menuju kualitas hidup dan derajat kesehatan yang lebih baik untuk desa Batu Parigi.

Dalam pertemuan itu dihadiri oleh Pak Camat Tobadak Bapak H. Gunanto, Bappeda Provinsi, PMD Provinsi, Keuangan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten, Kepala Puskesmas Batu parigi, Sekdes Batu Parigi, beberapa Kepala Dusun desa batu parigi, tokoh masyarakat & masyarakat desa batu parigi

Dihari pertama dilakukan pertemuan di balai desa batu parigi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan provinsi sulawesi barat, dalam kegiatan tersebut ada beberapa penyampaian materi terkait penaganan stunting, Kesehatan lingkungan & penyerahan posbindu kit, grap trap, cetakan pembuatan jamban.

Dihari kedua melakukan pemicuan jamban di desa batu parigi dan ada beberapa penyampain materi terkait gizi & KIA yang dibawakan oleh Ibu Fauziah Ahamd T. Si.T dan materi terkait TB di bawakan oleh Pak Harsalim, S.Kep di SMA 2 Batu Parigi.

Dalam kegiatan tersebut di lakukan rencan tindak lanjut untuk desa batu parigi, sehingga para peserta kegiatan marasa ini bisa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan di prktekan langsung di lapangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here