Expansi Strategi DOTS di Daerah Terpencil Desa Tampaure Kec.Bambaira, Kab.Pasangkayu

0
24

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melakukan kegiatan Expansi Strategi DOTS di Daerah Terpencil  Desa Tampaure Kec.Bambaira, Kab.Pasangkayu pada tanggal 14 – 16 September 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan bimbingan kalakarya tentang penanggulangan penyakit tuberculosis kepada kader kesehatan di Desa, sosialisasi tentang Program Penanggulangan Penyakit Tuberkulosis, penapisan penderita TBC dan edukasi tentang penyakit TBC di desa melalui ketok pintu TBC yang dilakukan kader TBC terlatih serta pembentukan Desa Sadar TBC.

Tujuan Kegiatan ini Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam program penanggulangan penyakit TBC sehingga terjadi peningkatan angka penemuan dan menanganan TB di Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan di buka di Kantor Desa Bambaira oleh sekretaris Desa Bambaira bersama kepala seksi P2P Dinkes Kab. Pasangkayu dan Wasor TBC Provinsi Sulawesi Barat. Pak Sekretaris Desa berharap kepada para kader agar saat kegiatan kunjungan rumah, kader mampu memberikan informasi dengan baik mengenai TBC ke Warga sekaligus melakukan screening gejala TBC pada semua anggota keluarga, jika ada warga yang ditemukan bergejala TBC agar segera di berikan rujukan ke Puskesmas Bambaira untuk ditindaklanjuti.

Setelah mendapatkan arahan dan materi terkait pelaksanaan ketuk pintu oleh Bapak Harsalim, S.Kep Wasor TBC  Prov. Sulbar, kader terlatih turun ke dusun masing-masing membawa format isian untuk memberikan edukasi dan penapisan warga yang memiliki gejala TBC. Adapun dusun yang sempat didampingi oleh Wasor TBC Provinsi dan Pengelola TBC PKM Bambaira  adalah dusun Saluira, dusun Kalendapu, dan Dusun Vaturui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here