Dinkes Sulbar laksanakan Pelayanan kesehatan DTPK di Desa Kirak Mamasa

0
66

Pada Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak dalam rangka menjangkau masyarakt yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan karna kesulitan akses dari maupun ke fasilitas kesehatan lainnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan Daerah Terpencil Perbatasan dan kepulauan. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan diantaranya adalah Peningkatan Akses Pada Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak dalam rangka menjangkau masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan karna kesulitan akses dari maupun ke fasilitas kesehatan lainnya.

Pelayanan Kesehatan Bergerak dalam Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan di DTPK desa Kirak Kecamatan Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa, dilaksanakan selama 4 (Empat) hari dari tanggal 08 s/d 11 Maret 2020

TIM Daerah Terpencil perbatasan dan kepulauan (DTPK) Terdiri dari Kasie Pelayanan Kesehatan, Dokter Spesialis Paru, Staf Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Prov.Sulbar, Pengelola Program TB Prov. Sulbar, Kasie dan Staf Dinkes Kab Mamasa, Dokter dan Staf PKM Rantebulahan Timur. Peserta terbagi atas dua bagian yaitu , Peserta pelayanan kesehatan yaitu masyarakat dilingkungan desa Kirak & sekitarnya Kecamatan Rantebulahan Timur kabupaten Mamasa dan Peserta OJT (On The Job Training) yaitu petugas Kesehatan di lingkungan, Puskesmas Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa.

Pelaksanaan Kegiatan pengobatan / Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan oleh dokter  yang terdiri dari dokter Spesialis Paru dengan jumlah pasien 22 orang dan dokter Umum jumlah pasien 152 orang dengan sasaran masyarakat umum yang ada di wilayah desa Kirak Kecamatan Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa & Sekitarnya

Kegiatan lain yang dilakukan berupa pembagian bahan kontak berupa pasta gigi, sikat gigi dan Sabun Mandi untuk Stimulasi PHBS serta penyuluhan tentang Penyakit Paru oleh Pemegang Program TB Dinkes Provinsi dan Penyuluhan TB dan Penyakit Corona kepada Masyarakat oleh dokter Ahli Paru RSUD Provinsi Sulawesi barat yang dihadiri oleh Masyarakat Desa Kirak & sekitarnya sebanyak 152 orang .

Selanjutnya pelaksanaan OJT (On The Job Training) yang dilaksanakan di Puskesmas Rantebulahan Timur dengan Sasaran para petugas kesehatan, materi dibawakan oleh dokter ahli paru, Pemegang Program TB, Staf yankes (Pemeliharaan SPA Puskesmas), Staf Yankes (Sisrute), Dinas kesehatan Provinsi Sulawesi Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here