Dinkes Sulbar jadikan Desa Marasa sebagai lokus Penguatan Marasa Sehat

0
69

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, drg, Asran Masdy, MAP menjadi salah satu pembicara dalam Pelaksanaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Sekretaris Dinas Kesehatan menyampaikan paparan terkait program Marasa yang merupakan bentuk Komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk mendorong dan mempercepat Akselerasi kemajuan pembangunan desa menuju status berkembang dan hingga berstatus mandiri.

Pendekatan Program melalui 3 (tiga) pilar pembangunan yaitu Mandiri, Cerdas dan Sehat yang akan memicu berkembangnya potensi desa dan usaha ekonomi rakyat, peningkatan akses sumberdaya alam desa dan pemasaran produk unggulan desa, meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan.

Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Barat telah dan akan melakukan beberapa tahapan untuk penguatan program Marasa diantaranya :

  1. Penentuan Desa Lokus Assesment
  2. Assesment (Pengkajian Masalah Bidang Kesehatan) pada Desa terpilih
  3. Penentuan Desa Marasa Lokus Binaan
  4. Fasilitasi Pertemuan Stake Holder dengan Output berupa Pernyataan Kesepakatan Pelaksanaan Tindak Lanjut Intervensi dalam Penyelesaian masalah di Bidang Kesehatan dari setiap Stake Holder
  5. Pelaksanaan Intervensi Kegiatan oleh setiap Stake Holder
  6. Follow Up, Monitoring dan Evaluasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here