Dinkes Provinsi Sulbar Laksanakan Pemantauan dan Evaluasi SPM Kabupaten di Polewali Mandar

0
15

Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan merupakan tolok ukur kinerja pelayanan kesehatan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Pengertian minimal dalam standar pelayanan minimal merupakan kondisi minimal dari sudut pandang masyarakat tetapi mengandung arti optimal bagi aparat Pemerintah Daerah. SPM Bidang Kesehatan dihitung setiap bulan oleh Dinas Kesehatan kabupaten dan diperoleh angka terakhir pada akhir tahun yang dijabarkan dalam laporan tahunan SPM Bidang Kesehatan.

Dalam rangka penerapan SPM Bidang Kesehatan diperlukan Standar Teknis SPM yang menjelaskan langkah operasional pencapaian SPM Bidang Kesehatan di tingkat Provinsi/Kabupaten sebagai acuan bagi pemerintah daerah dengan memperhatikan potensi dan kemampuan daerah. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal tersebut maka perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi spm bidang kesehatan di tingkat kabupaten oleh Dinas Kesehatan Provinsi untuk melakukan monev pelaksaaan SPM di tingkat Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

Adapun capaian SPM Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang terlaporkan melalui Aplikasi Pelaporan SPM Kementerian Kesehatan adalah sebagai berikut :

  1. Pelayanan kesehatan ibu hamil dengan capaian 89%
  2. Pelayanan kesehatan ibu bersalin dengan capaian 82%
  3. Pelayanan kesehatan bayi baru lahir dengan capaian 100%
  4. Pelayanan kesehatan balita dengan capaian 54%
  5. Pelayanan Kesehatan pada Usia Pendidikan Dasar dengan capaian 95%
  6. Pelayanan kesehatan pada usia produktif dengan capaian 43%
  7. Pelayanan kesehatan pada usia lanjut dengan capaian 2%
  8. Pelayanan kesehatan penderita hipertensi dengan capaian 74%
  9. Pelayanan Kesehatan Penderita Diabetes Melitus dengan capaian 18%
  10. Pelayanan Kesehatan 0rang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Berat dengan capaian 96%
  11. Pelayanan Kesehatan Orang Terduga Tuberkulosis dengan capaian 45%
  12. Pelayanan Kesehatan Orang Dengan Risiko Terinfeksi Virus yang Melemahkan Daya Tahan Tubuh Manusia (Human Immunodeficiency Virus) dengan capaian 37%

Tim Monev SPM melakukan diskusi di tingkat Dinas kesehatan kabupaten Polewali Mandar pada 26 dan 27 April 2021 dan Puskesmas Wonomulyo sebagai lokasi diskusi terkait SPM di tingkat Puskesmas pada tanggal 28 April 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here