Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melakukan Monitoring dan Evaluasi PIS – PK di Kabupaten Majene

0
180

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)di Puskesmas  Kabupaten majene pada tanggal 25 -27 September 2019.

Tim Monev PIS-PK Dinkes Provinsi Sulawesi Barat untuk kabupaten majene terdiri dari 3 orang yaitu  Kepala Pelayanan Kesehatan Prov. Sulbar ibu Dra. Hj. Sufiani , APT, M. Kes, staf Bidang Pelayanan Kesehatan Pardi,S.Kep.Ns dan Yulianti, S.Kep. Dimana beberapa puskesmas di kunjungi daiantaranya PKM Sendana II, PKM Tammero’do, PKM Totoli, PKM Lembang dan terakhir ke Dinas Kesehatan Kabupaten Majene.

Pelaksanaan PIS-PK ditekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan, pembiayaan serta sarana dan prasarana termasuk upaya program kesehatan masyarakat dan perseorangan yang mencakup seluruh keluarga dalam wilayah kerja Puskesmas dengan meperhatikan manajemen Puskesmas.

Ibu Dra. Hj. Sufiani , APT, M. Kes menyampaikan Kegiatan Monev ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi terkait pelaksanan PIS – PK di Puskesmas kabupaten  Majene, sekaligus merupakan tindak lanjut pembinaan Puskesmas dalam rangka pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan. Sehingga diharapkan seluruh Puskesmas yang ada dapat mengintegrasikan dengan PIS – PK, MARASA dan SPM,ini sangat mendukung program gubernur yakni desa MARASA,(mandiri,cerdas dan sehat) sehingga diperlukan penguatan lintas sektor untuk mewujudkan ketiga program tersebut.

Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan seperti kesulitan menginput data karena lemahnya jaringan, Permasalahan demografi yang sulit karena beberapa wilayah kerja Puskesmas berada di pegunungan, Keterbatasan pengetahuan tentang aplikasi, dan data hasil kunjungan rumah tangga belum diintervensi lebih lanjut secara maksimal. Sehingga masih perlu bimbingan baik dari Dinas Kesehatan  kabupaten maupun dari Dinas Kesehatan provinsi.

Disisi lain kepala Dinas Kesehatan kabupaten majene, mengatakan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan provinsi atas pembinaan dan evaluasi PIS-PK yang dilakukan, karena puskesmas masih membutuhkan bimbingan baik dari Dinas kesehatan kabupaten maupun dari Dinas Kesehatan provinsi.

Edited By. Muh. Yusran, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here