Dinas Kesehatan Provinsi Sualwesi Barat melaksanakan Pemutakhiran Data Kefarmasian Kesehatan

0
238

Kualitas suatu kebijakan atau keputusan dalam suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kualitas data dan informasi yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Oleh karena itu, data dan informasi dengan tingkat akurasi dan validitas yang dapat dipercaya serta tepat waktu/ada saat diperlukan, merupakan input yang utama dalam proses pengambilan keputusan atau suatu kebijakan di semua tingkat manajemen.

Hal inilah yang mendasari dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Pemutakhiran Data Kefarmasian dan Alkes Tingkat Provinsi Sulawesi Barat yang dilaksanakan di Hotel dMaleo Mamuju pada tanggal 8-10 Mei 2017. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian Penyusunan Profil Kefarmasian, Serta Perencanaan dan Evaluasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kefarmasian.

Adapun tujuan dari kegiatan pemutakhiran data kefarmasian dan alat kesehatan ini adalah untuk memutakhirkan database sarana dan capaian di bidang kefarmasian dan alat kesehatan di tingkat Provinsi Sulawesi Barat dengan melakukan pencocokkan data antara Kabupaten dan Provinsi.

Peserta pertemuan berasal dari Pengelola Program di Dinas Kesehatan Provinsi dan seluruh Pengelola Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten dan Rumah Sakit Se-Provinsi Sulawesi Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dr.H.Achmad Azis,M.kes dalam sambitannya di depan Peserta menekankan pentingnya pelaporan data yang berkualitas, baik dan cepat. Saat ini tuntutan masyarakat terkait kebutuhan data dan informasi sangat cepat. Sebagai organisasi Perangkat Daerah yang bergerak dalam Pelayanan Publik maka Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat seyogyanya mampu menyediakan kebutuhan informasi tersebut.

Sebagai gambaran bahwa saat ini Seluruh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Barat telah memiliki Intlasasi Pelayanan Kefarmasian (Gudang Obat) yang menjadi salah kebutuhan yang sangat penting dalam dukungan Pelayanan Kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here