Bimtek Limbah Medis Fasyankes Kab. Pasangkayu

0
30

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melakukan Bimbingan Teknis kepada petugas Kesling tentang pengelolaan limbah medis dan penghapusan alat kesehatan bermerkuri. Peserta dibimbing pencatatan dan pelaporan e-monev limbah fasyankes melalui halaman website e-monev limbah medis.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 september 2020 dan di ikuti oleh Sanitarian Puskesmas (15 Puskesmas di Pasangkayu), Petugas sanitasi RSUD Kab. Pasangkayu, Dinas Lingkungan Hidup (Bidang Pengelolaan Limbah)

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk Memperbaiki kualitas pengelolaan limbah medis di Kab. Pasangkayu, Meningkatkan kemampuan petugas dalam pengelolaan limbah medis, dan Meningkatkan capaian indicator limbah medis

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi dari Kadis Kesehatan Sulbar dr. H. Muhammad Alief Satria Lahmuddin tentang Penguatan Fasyankes dalam Pengelolaan Limbah Medis. Juga diterangkan tentang pengelolaan limbah medis Covid-19. Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi progress penghapusan alkes bermerkuri di Kab Pasangkayu. Seluruh Puskesmas telah melaksanakan penghapusan alkes bermerkuri, tinggal menunggu laporan dari RSUD Kab Pasangkayu. Setelah itu dilanjutkan dengan bimbingan pencatatan dan pelaporan e-monev limbah medis. Peserta difasilitasi dengan jaringan/wi-fi dan dibimbing bagaimana mengisi aplikasi pelaporan e-monev limbah medis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here