Berantas Jentik Nyamuk Sebelum Terbang

0
132

Berada di lintasan garis khatulistiwa, Indonesia pada umumnya dan Sulawesi Barat pada khususnya tak lepas dari dampak penyakit tropis. Sejumlah penyakit tropis yang diakibatkan oleh nyamuk seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), Malaria, Chikungunya, Zika, Filariasis (Kaki Gajah), Demam Kuning, Japanese Encephalitis (Radang Otak) terus menjadi ancaman bagi masyarakat, Kondisi Iklim Tropis mendorong perkembangbiakan serta pematangan siklus populasi Nyamuk menjadi lebih cepat. Hal ini menyebabkan ledakan populasi nyamuk membuat telur-telur nyamuk dapat menetas dengan baik dan tepat waktu, Walaupun jumlah airnya sedikit, nyamuk dapat menetaskan telurnya sampai menjadi Nyamuk.

Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk menjadi masalah kesehatan masyarakat dan menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi. Kerugian sosial yang terjadi antara lain karena menimbulkan kepanikan dalam keluarga, kematian anggota keluarga dan berkurangnya usia harapan hidup masyarakat. Dampak ekonomi langsung adalah biaya pengobatan, sedangkan dampak tidak langsung adalah kehilangan waktu kerja dan biaya lain yang dikeluarkan selain pengobatan seperti transportasi dan akomodasi selama perawatan di rumah sakit. Salah satu penyakit yang mewabah saat ini adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut, dapat menyebabkan kematian yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes. Sampai saat ini tidak ada obat khusus untuk Demam Berdarah, yang ada adalah pereda gejala untuk demam, sakit kepala, nyeri otot dan dehidrasi. Penyakit demam berdarah yang parah dan tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan kematian akibat adanya kebocoran plasma, gangguan pernafasan, perdarahan dan kerusakan organ. Oleh karena itu pencegahan penularan virus demam berdarah dengan mengurangi populasi nyamuk dan fokus pada tempat perkembangbiakannya saat ini menjadi hal yang sangat penting.

Masyarakat pada umumnya sudah sering mendengar PSN atau Singkatan dari Pemberantasan Sarang Nyamuk dan 3M plus, namun hal ini belum menjadi perhatian sehingga tidak dilakukan secara rutin di rumah, tempat-tempat umum, sekolah dan di lingkungan sekitar pemukiman. Nyamuk Dewasa sebelum terbang ke Lingkungan terlebih dahulu hidup di air, bertelur kemudian menjadi jentik dan pupa, satu ekor induk nyamuk bertelur 100-300 butir telur dan dapat bertahan dalam kondisi kering sampai 3 Bulan, Induk Nyamuk yang membawa virus dapat diturunkan ke telurnya, oleh karena itu sebelum Menjadi Nyamuk yang bisa Terbang, waktu yang paling tepat kita berantas yaitu pada saat bersarang di Air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here