Beasiswa Padinakes, Peluang bagi Putra Putri Sulawesi Barat untuk Lanjut Pendidikan Kesehatan dengan biaya negara.

0
17

Bertempat di Hotel Yaki Mamuju, 10 Juni 2021 Badan PPSDM Kementerian Kesehatan RI Sosialisasi Beasiswa Padinakes di Mamuju. Pemaparan disampaikan oleh dr. Fitria, MKM, Sub Koordinator Subtansi Kemitraan Badan PPSDM Kesehatan

Kegiatan diikuti oleh pengelola SDM Kesehatan se – kabupate Provinsi Sulawesi Barat dari Dinas kesehatan dan Rumah sakit, Poltekkes Mamuju dan Pengelola data SDM di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat.

Padinakes merupakan program beasiswa yang memberikan kesempatan kepada putra putri daerah untuk mendapatkan beasiswa dari Kementerian kesehatan RI baik yang lulusan SMA maupun yang sementara melaksanakan kuliah di Politeknik Kementerian kesehatan RI dengan pembiayaan mandiri.

Provinsi Sulawesi Barat termasuk salah satu lokus yang mendapatkan prioritas untuk  mendapatkan dukungan pembiayaan Padinakes tahun 2021 – 2024.

Pada tahun 2021 Kementerian kesehatan telah melakukan Rekruitmen lulusan SMA sebanyak 120 orang mendapatkan Padinakes.

Salah satu indikator utama Kementerian Kesehatan RI adalah persentase puskesmas memiliki 9 jenis ketenagaan kesehatan.

Berdasarkan data Sistem Informasi Sumber Daya manusia Kesehatan menunjukkan 53 puskesmas dari 97 Puskesmas di Sulawesi Barat telah memiliki 9 jenis ketenagaan.

Kabupaten Polewali Mandar merupakan kabupaten dengan persentase teringgi Puskesmas yang memiliki 9 jenis ketenagaan dengan persentase 95% dan terendah kabupaten Mamasa yang hanya sebesar 17,65%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here